Mengatasi Hidung tersumbat

This item was filled under [ Healthy ]

Seringkali
kita mengalami penyempitan saluran pernapasan karena berbagai sebab
sehingga badan terasa lemas dan pusing – pusing yang pada akhirnya
menurunkan produktifitas. Tulisan ini ingin mengulas pengalaman penulis
menghadapi masalah tersebut hingga upaya – upaya yang telah dilakukan
untuk mengatasinya.


Hidung Mampet

Setiap manusia pasti pernah mengalami hidung tersumbat, tidak ada yang tidak pernah mengalaminya. Hidung mampet menyebabkan pusing, demam, lemas dan merasa tidak bergairah sehingga orang yang mengalami hidung mampet menjadi tidak produktif. Sebelum kita membahas berbagai solusi yang mungkin dapat mengatasi hidung mampet ini perlu kita ketahui terlebih dahulu berbagai kemungkinan penyebabnya.

Sebab – sebab Hidung Mampet

Hidung mampet diantaranya disebabkan oleh salah satu atau kombinasi dari faktor external berikut ini:

  1. Kotoran, debu yang terhirup melalui hidung,
  2. Penyakit atau Infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri atau jamur,
  3. Alergi terhadap sesuatu hal misalnya daerah lembab, berdebu, bau – bau tertentu, makanan tertentu,
  4. Dan lain hal yang masih belum diketahui.

Selain faktor external tersebut di atas, ada hal lain yang perlu kita cermati adalah faktor internal yaitu kondisi fisik dan fikiran pun dapat menyebabkan atau memperparah kondisi hidung mampet.

Seharusnya setelah kita mengetahui pokok penyebabnya kita dapat dengan mudah mengatasinya, tanpa perlu tindakan yang tidak perlu seperti operasi hidung atau tindakan operasi medis lainnya.

Pencegahan

Pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki kondisi internal tubuh kita yaitu fisik dan fikiran karena dengan memperbaiki faktor tersebut setidaknya secara kasar 50% masalah sudah dapat diatasi. Memperbaiki kondisi fisik dilakukan dengan memperbaiki pola hidup yaitu diantaranya:

  1. Selalu menjaga kebersihan, baik itu kebersihan tubuh maupun lingkungan atau selalu berada di lingkungan yang sehat dan bersih. Menjaga kebersihan rongga mulut pun sangat penting, usahakan selalu membersihkan gigi dari berbagai macam kotoran maupun karang, secepatnya lakukan pengobatan apabila mengalami infeksi gig dan gusi. Penulis pernah mengalami penyakit radang gusi kronis yang mengakibatkan gigi goyang. Sehingga diputuskan untuk mencabut gigi tersebut dan ternyata dampaknya baik sekali, hidung jarang tersumbat.
  2. Makan dan minum makanan dan minuman yang halal dan baik untuk tubuh. Makan dan minumlah sesuai dengan diet berdasarkan golongan darah. Penulis bergolongan darah B seringkali merasakan dampak buruk setelah makan ayam apalagi fried chicken dicampur saus buatan pabrik. Setelah menjalani diet golongan darah, hidung jarang mampet. Adalagi pengalaman baru yaitu setelah penulis secara rutin menggunakan porpolis dengan cara meneteskan satu atau dua tetes propolis ke dalam mulut, penulis jarang sekali mengalami hidung tersumbat / mampet / pilek bahkan tidak mudah ketularan flu terbukti ketika anak sedang mengalami flu, penulis tetap bercengkrama dengan anak namun tidak tertular samasekali.
  3. Istirahat yang cukup. Tidurlah di saat tubuh kita sudah mengisyaratkan untuk tidur.
  4. Olah raga yang teratur. Pilihlah olah raga yang tepat untuk tubuh kita, misalnya joging, renang, ping – pong, badminton, bersepeda ataupun yang paling murah adalah jalan cepat.
  5. Tidak sembarangan membersihkan kotoran hidung dengan jari, kecuali bila kita pastikan kondisi jari benar – benar bersih.

Selain kondisi fisik yang musti dikendalikan, kondisi fikiran tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan, bahkan fikiran yang sakit dapat merusak kondisi fisik tanpa kita sadari. Berbagai cara dapat dilakukan untuk mengendalikan fikiran agar tidak rusak atau sakit, diantaranya adalah:

  1. Mengurangi tekanan (stress) akibat pekerjaan, tugas atau pun hal lain yang selalu mengganggu fikiran kita. Caranya dapat bermacam – macam, bisa dilakukan dengan pembagian tugas, atau konsultasi dengan pihak yang lebih berpengalaman, mendekatkan diri kepada Sang Pencipta (ber zikir atau banyak mengingat Sang Pencipta), meluangkan waktu untuk relaks atau rekreasi, bermain dengan anak – anak, atau yang paling sederhana dapat dilakukan dengan menarik nafas dalam – dalam kemudian menahan beberapa saat dan mengeluarkannya perlahan – lahan. Kadang ketika kita mengalami tekanan, organ tubuh kita secara tidak disadari mengalami gangguan, tarikan nafas menjadi lemah, badan menjadi lesu – lemas, mudah mengantuk dsb. Oleh karena itu kita dapat alihkan perhatian kita dari sumber permasalah yang mengganggu fikiran untuk lebih memusatkan kepada pengembalian kinerja organ tubuh kita ke keadaan normal seperti tadi mengolah pernafasan.
  2. Mencari kegiatan atau aktifitas yang bersifat positif seperti mengembangkan hobi badminton, atau hobi apapun yang bermanfaat.
  3. Menyuburkan fikiran – fikiran positif (ini akan di bahas secara tersendiri di bagian ahlakul karimah).

Pengobatan

Bila kita jalankan pola hidup seperti di atas Insya Allah peluang hidung mampet dapat ditekan sekecil mungkin. Adakalanya kita lengah dalam menjalani pola hidup yang sehat seperti di atas sehingga tidak dapat dielakan hidung kita mengalami sumbatan. Diantara obat yang cukup ampuh untuk mengatasi hidung mampet adalah:

  1. Iliadin, obat tetes dengan resep dokter. Obat ini cukup efektif namun hanya sementara, hanya melonggarkan lubang pernafasan dan tidak mengobati penyebabnya.
  2. Perasan jeruk nipis campur sedikit kecap atau madu. Sangat efektif untuk mencairkan lendir yang kental sehingga memudahkan keluar dari rongga hidung. Namun tidak tuntas mengobati sumber penyakitnya, hanya mengencerkan dan mengeluarkan lendir yang terperangkap di rongga hidung.
  3. Memijat titik pusat T di antara mata tepat di pangkal hidung dan di atas alis mata di mana rasa pegal atau tegang itu berada. Hal ini bermanfaat untuk mengendurkan otot – otot yang tegang dan membantu mengeluarkan lendir yang terperangkap di rongga sinus. Penulis sudah mencoba cara ini dan lendir itu keluar tidak berapa lama setelah di pijat dan rasa sakit atau pegal atau tegang berangsur hilang.
  4. Akupuntur. Penulis pernah mencoba terapi ini namun tidak terasa efek penyembuhannya.
  5. Terapi uap air di campur sekuku Nutrimois CNI. Sangat efektif untuk mengobati hidung meler akibat flu berat. Penulis yang seringkali mengalami hidung mampet suatu saat mengalami flu berat yang tidak biasa. Sebelumnya apabila terkena flu, ingus terasa kental dan sulit untuk keluar dari rongga hidung namun tumben sekali cairan akibat flu ini lebih cair dan meler terus. Sengaja dipaksakan untuk minum es agar cairan flu semakin jadi. Saat puncak itulah dilakukan terapi uap ini dan ternyata setelah itu hidung bersih sama sekali dari lendir flu dan penulis jarang sekali mengalami hidung mampet. Sebagai catatan tambahan bahwa penulis juga pada saat itu menggunakan PIL Gurah dari Al Biruni untuk membantu mengencerkan dan mengeluarkan cairan dari rongga hidung.
  6. Pernafasan sadar. Latihan pernafasan sadar ini berguna untuk mencegah penyempitan rongga hidung yang baru saja akan terjadi. Jadi ketika kita merasakan gejala hidung mulai mampet lakukanlah pernafasan secara sadar artinya penafasan yang dilakukan secara dalam dibandingkan dengan pernafasan sadar yang kadang menjadi pelan. Udara hangat yang berasal dari paru – paru akan membantu melegakan rongga hidung.
  7. Mandi juga efektif untuk menyapu virus – virus flu yang hinggap di tubuh kita.
  8. Menggunakan propolis, penulis telah merasakan manfaat propolis untuk melegakan hidung mampet akibat sinusitis maupun lendir yang terperangkap di dalam hidung dengan cara meneteskan cairan propolis ke dalam rongga hidung, setelah beberapa saat terasa hangt di hidung dan seperti ada reaksi dan ternyata lendir kental terangsang keluar melalu rongga hidung maupun rongga mulu, setelah itu hidung dan pernafasan terasa lebih lega, dan tidur bisa langsung nyenyak, lelap. Alhamdulillah.

Oleh : barsa — Sat, 04/18/2009 – 20:14

Tanggal pengutipan : 28 Juli 2010

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Comment